Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada Skimmer, Lakukan Cara Menghindari Skimming ATM BRI

Menyimpan uang di ATM menjadi cara efektif untuk menghindari tindakan pencurian. Namun, hal tersebut mulai dipertanyakan keamanannya. Pelaku kriminal melakukan penyadapan pin ATM dengan kamera super kecil yang tidak terlihat lalu mengkloning kartu ATMnya. Tindakan tersebut dinamakan skimming dan terjadi pada nasabah bank contohnya BRI. Untuk itu ketahuilah cara menghindari skimming ATM BRI berikut:

1. Pilih Tempat ATM yang Ramai atau ATM di Kantor Bank Terkait

Cara paling mudah untuk menghindari skimming ialah memilih ATM yang ramai atau satu tempat terdapat beberapa atm sekaligus. Pelaku akan sulit memasang kamera dan alat lainnya ketika suasana di luar masih ramai. ATM di SPBU bisa menjadi pilihan karena SPBU umumnya buka 24 jam dan selalu ramai. Atm yang berada di kantor bank BRI juga terjamin aman dan pelaku tidak bisa beraksi di lokasi seperti ini.

2. Pastikan Pembaca Kartu Tidak Longgar

Sebelum memasukkan kartu ATM cek terlebih dahulu pembaca kartu. Cobalah tarik dan jika longgar maka sebaiknya pilih lokasi ATM lain. Selain itu pembaca kartu yang terdapat bekas lem, goresan atau benda lain yang tidak biasanya ada di ATM bisa menjadi indikasi bahwa Atm tersebut tidak aman. Pelaku meletakkan perangkat di titik ini untuk melakukan kloning kartu atau alasan lain.

3. Cek Keypad ATM Apakah Lebih Menonjol atau Kenyal

Keypad juga menjadi titik penting untuk melakukan skimming ATM BRI. Pelaku merekam tombol-tombol yang ditekan nasabah dan dikirim melalui bluetooth atau wifi secara realtime. Selain itu, keypad yang patut dicurigai ialah lebih menonjol karena pelaku meletakkan chip kamera atau perekam untuk mengetahui ketukan pada keypad. Nah, jika hal tersebut terjadi segera batalkan menekan PIN dan tekan tombol.

4. Perhatikan Permukaan Casing ATM

Casing ATM umumnya dibuat rata dan halus, bagian yang menonjol hanya terdapat pada tempat pembaca kartu dan keypad. Jika ada benjolan, sebuah kotak kecil atau benda asing lain selain dua tempat tadi maka cobalah tekan bagian tersebut. Biasanya di tempat seperti itulah pelaku meletakkan kamera nirkabel untuk mengetahui tuts yang ditekan nasabah. Jika kondisi mesin ATM seperti itu sebaiknya cari mesin atm atau laporkan pada satpam jika ada.

5. Waspada pada Orang Asing

Meski kejahatan ini dapat dikatakan profesional dan canggih, pelaku juga bisa menggunakan orang yang disebut grabber untuk memata-matai nasabah. Grabber akan berdiri di belakang nasabah dan ikut mengantri untuk melihat pin yang diketik.

Selain itu, mesin biasanya akan macet sehingga orang tersebut membantu menanganinya dan meminta mengetikkan pin sekali lagi. Cara ini terlihat klasik namun masih berpeluang digunakan oleh para skimmer. Jadi, tak ada cara lain selain waspada, bukan?

6. Ganti PIN Secara Berkala

Langkah paling mudah lainnya ialah rutin mengganti pin kartu ATM. Gantilah dengan nomor yang tidak mudah ditebak dan bukan dari tanggal lahir diri sendiri. Jangan lupa untuk menutup tangan ketika sedang mengetik pin sebagai langkah paling dasar yang bisa dilakukan. Selain itu ketik tanpa bergumam dan jangan beritahu orang lain PIN ATM. Meski hampir semua nasabah mengetahui telah hal ini, masih saja dilakukan oleh orang awam.

Tindakan kriminal ini masih tergolong jarang terjadi di Indonesia namun tidak menutup kemungkinan akan segera banyak korban dalam waktu dekat. Oleh sebabnya hal ini tidak boleh diremehkan dan sebaiknya lakukan hal kecil seperti yang disebutkan di atas agar terhindar dari kejahatan skimming ATM BRI.

Perlu diingat bahwa jika salah satu kondisi mesin ATM seperti yang disinggung sebelumnya maka jangan ragu untuk menekan tombol cancel pada keypad dan mencari mesin atm lainnya.

Posting Komentar untuk "Waspada Skimmer, Lakukan Cara Menghindari Skimming ATM BRI"